Habis Gelap Terbitlah Terang

Mungkin kita sudah sering mendengar pepatah tua dibawah ini :

“Habis gelap terbitlah terang”

sebuah pepatah yang terlahir dari sebuah buku karangan R.A Kartini pada jaman tempoe doloe. Mungkin masih banyak orang yang menganggap atau mengartikan kata-kata ini dengan arti “Sehabis hujan pasti cerah” atau “Sehabis susah pasti senang” dan lain-lainnya. Padahal kata-kata tersebut mengandung makna yang lebih dalam.

Dalam artikel ini saya menganggap bahwa kata Gelap itu adalah suatu keadaan yang suram, susah, sedih, dsb dan sedangkan Terang adalah suatu keadaan yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Seperti waktu itu saya pernah mengatakan “Habis gelap terbitlah terang”, lalu ada yang bertanya “Gimana klo ga terang-terang (terangnya ga datang)”. Lalu saya jawab “Beli petromax sama minyak lalu nyalain deh… kan jadi terang tuh”. Niatnya sih saya cuma bercanda, tapi akhirnya saya berpikir apa yang saya katakan itu ada benarnya juga. Apabila kita dalam sebuah kamar yang gelap gulita maka kita akan berusaha mencari sakelar untuk menyalakan lampu dan memberikan penerangan di kamar itu, atau menyalakan lampu senter, dan usaha lainnya berarti harus ada usahanya kan? sama seperti yang saya bilang keteman saya harus usaha terlebih dahulu dengan cara membeli petromax.

Jadi menurut saya dalam keadaan yang suram, susah, dsb (GELAP) seharusnya kita ga hanya diam dan menunggu keadaan menjadi lebih baik (TERANG) , karena bagaimana bisa menjadi lebih baik jika kita tidak berusaha? menunggu seseorang datang dan menolong atau membantu kita? Jangan terlalu banyak berharap dan kita tetap harus berusaha untuk menjadikan keadaan yang lebih baik (menjadi TERANG) seperti halnya firman Allah SWT dalam alquran pada surat al anfaal ayat 53 yang memiliki arti :

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri ”
Al Anfaal :53

Jadi jika kita ingin keadaan kita berubah menjadi lebih baik, kita harus berusaha lebih dahulu, dengan usaha-usaha tersebut kita akan mendapatkan hasilnya walaupun hasilnya ga selalu bagus tapi jangan patah semangat, tetap terus berusaha seperti halnya para pahlawan kita terdahulu yang berjuang melawan para penajajah negeri ini karena ingin menuju keadaan yang lebih baik yaitu KEMERDEKAAN. Mereka melawan para penjajah selama bertahun-tahun karena mereka yakin akan adanya suatu masa yang terang benderang jika mereka terus berusaha untuk melawan penjajahan. Kemerdekaan Ini adalah suatu bukti dari usaha para pejuang dan bukti dari Firman Allah SWT.

Nah sekarang kalian-kalian yang saat ini sedang mengalami GELAP (orang-orang yang sedang bersedih, susah, keadaannya suram) jangan menunggu terbitnya TERANG tapi berusahalah untuk menerbitkan TERANG. Bangkitlah seperti para pejuang, kobarkan semangatmu untuk merubah keadaan mu. Apakah anda hanya ingin menunggu sambil meratapi nasib anda ? atau mau berusaha untuk merubah keadaan anda? pilihan itu ada di tangan anda.. jadi silahkan pilih dengan bijak pilihan anda…




3 thoughts on “Habis Gelap Terbitlah Terang

    1. Makna yang sesungguhnya adalah setiap penderitaan pasti ada jalan keluar jika kita lebih giat berusaha dan lebih bersabar serta tawakal karena nasib masing-masing manusia di tentukan oleh tangannya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s