Kisah Perjalanan Menuju Final KOMPRES 2009 (Part I)

Mungkin ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengikuti suatu kompetisi di Gunadarma. KOMPRES adalah Kompetisi Kreativitas Pembuatan Software yang diselenggarakan oleh Gunadarma University dan pesertanya berasal dari mahasiswa Gunadarma. Saya mencoba untuk mengikuti kompres dengan criteria Aplikasi Development. Bagi saya mungkin ini adalah ajang yang bergengsi dimana setiap mahasiswa menunjukan ke kreativitasanya dalam membuat suatu aplikasi atau software. Olehkarena itu saya mencoba untuk mengikuti kompres ini. Saya mengikuti kompres ini dengan tujuan untuk menjadi juara I walaupun saya masih berada di tingakt 1 (hehehe biar kedengaran keren gitu… juara I dari tingkat I). Yah walaupun ituh hanya mimpi saya pada saat awal pendaftaran kompres. Tapi dengan adanya mimpi tersebut, membuat diri saya percaya diri dan semangat dalam pembuatan aplikasi yang saya rancang. Hampir setiap hari saya memikirkan aplikasi apa yang bagus dan menarik. Lalu seperti apa jadinya aplikasi yang nanti akan saya buat. Hampir memakan waktu seminggu untuk merancang aplikasi saya tersebut (Hanya perancangannya saja, baru angan-angan) . Lalu dalam waktu 2 hari saya mencoba untuk membuat proposal yang harus di serahkan hingga tanggal 17 Nov 2009. Walaupun isi dari proposal hanya berisi tentang tujuan dan gambaran dengan Interface dari aplikasi yang saya buat, Akhirnya saya di nobatkan sebagai finalis, yah…. Bisa dibilang saya lolos ke babak final. Pada saat itu saya memilih seorang teman untuk menjadi pendamping saya pada saat final sekaligus menjadi tester aplikasi dan juga operator slide.

Hari demi hari berlalu dan semangat yang awalnya bergejolak semakin menipis. Mungkin karena disebabkan oleh kelelahan oleh pekerjaan yang ternyata menumpuk dikarenakan menjelang akhir tahun, dan juga oleh persiapan-persiapan UTS. Hari selanjutnya pun begitu, saya tidak pernah bisa fokus untuk mengerjakan aplikasi yang saya buat ini sehingga muncul rasa jenuh dan malas. Nah di saat-saat seperti inilah peranan teman dan partner dibutuhkan, mereka selalu mencoba untuk memberikan semangat walaupun saya sudah merasa jenuh. Olehkarena itu saya masih melanjutkan pengerjaan aplikasi tersebut. Saat UTS tiba, saya mencoba untuk tetap melanjutkan pengerjaan, namun tidak bisa karena saya harus focus di UTS. Akhirnya saya berencana untuk berhenti sebentar, karena saya yakin aplikasi saya bisa di selesaikan dalam waktu 2 hari. Jadi saya memilih untuk fokus dan kosentrasi pada UTS, namun ternyata pada saat UTS berlangsung pun saya tetap tidak bisa fokus, karena tetap di bayang-bayangi oleh kompres. Hufth…. Belum lagi kepikiran kerjaan yang masih banyak. Akhirnya saya merasa berantakan dan kacau, bisa dibilang saya sedang stres karena memikirkan itu semua. Hingga akhirnya selesai UTS pun saya tidak berniat untuk melanjutkan lagi membuat aplikasi untuk kompres. Namun niat itu kembali urung karena partner saya kembali mengingatkan (to be the winner) dan memberikan semangat. Waktu yang tersisa hanya tinggal 2 hari lagi sebelum pengumpulan aplikasi dan Dokumentasi Aplikasi. Klo di liat dari struktur dokumentasi yang telah di tetapkan oleh panitia kompres, mirip dengan Karya Ilmiah. Sempat kepikiran akan pembuatan dokumentasi tersebut karena saya belum bisa membuat sebuah Karya Ilmiah mengenai pembuatan aplikasi belum lagi cara pembuatan alur diagram aplikasi yang saya buat, karena saya hanya bisa buat aplikasi tanpa dokumennya (Maklum masih tahap belajar, namanya juga mahasiswa tingkat 1 pula.). Tapi saya tetap semangat karena partner saya yakin saya bisa. Hingga akhirnya saya mencoba untuk melanjutkan dengan agak santai (agak menyepelekan), tapi yakin bisa selesai. Dan ternyata ada aja masalah yang datang silih berganti pada saat pengerjaan aplikasi. Error sana, error sini lumayan membuat diriku kewalahan, belum lagi memilih fitur-fitur yang penting di aplikasi ini yang sesuai dengan nama aplikasi dan proposal awal. Hingga akhirnya tidak terasa waktunya semakin menipis yaitu tinggal satu hari lagi dan esokan harinya harus sudah di kumpulkan (12 Desember 2009). Saya coba mempergunakan waktu itu dengan sebaiknya tanpa lagi bersantai. Namun sepertinya semuanya sudah terlambat, walaupun sudah seharian penuh aku kerjakan hingga tanpa tidur semalaman hingga pada saat waktu pengumpulan aplikasi dan dokumentasi itu menjelang, pada hari sabtu 12 desember 2009. tapi aplikasi yang aku buat belum juga selesai. Masih banyak bugs, error dan fitur penting yang belum kelar, mungkin ini di sebabkan oleh keteledoran dan menyepelekan fitur ini karena mengerjakan fitur-fitur lainya yang ternyata tidak bisa digunakan juga. Hufth…. Semakin lama mengerjakan semakin jenuh karena sekarang hitungan waktunya udah tinggal beberapa jam lagi sampai batas pengumpulan. Dan akhirnya aku menyerah pas waktu dzuhur tiba. Bukan hanya karena aplikasi yang belum selesai tapi juga dokumentasi yang belum kepikiran sama sekali belum jadi. Yups… aku melepaskan mimpi itu, mimpi untuk menjadi juara satu. Dan akupun mengabari partner aku, bahwa aku mau mundur dari kompres. Dia pun kecewa dan sekali lagi meyakinkanku klo aku pasti bisa. Tapi karena sudah benar-benar jenuh dan kelelahan akupun mengabaikannya. Namun kisah ini tidak berhenti hanya sampai disini.

One thought on “Kisah Perjalanan Menuju Final KOMPRES 2009 (Part I)

  1. kata2nya ga konsisten yan… kadang EYD tp ada jg bahasa gaulnya… aku saya…

    (hehe sok beud ya)

    trus lebih baik kasih part, alias bagian2 paragraf biar ga bingung bacanya…

    (hehe anjrit c nelly)

    pkoke keep writing dah, trus latihan nulis biar makin cakep (tulisannya…bukan orangnya loh) hehehe

    ditunggu part 2 nya. keep ur spirit yan!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s