Hargailah waktu yang telah kita miliki

Terkadang kita suka lupa dengan yang namanya waktu dan seringkali tidak menghargai waktu dan pada akhirnya kita akan mendapatkanb akibat yang ga enak seperti diri saya ini yang baru saja mengerjakan tugas tulis ISD ini.

Seringkali kita molor/telat dari janji yang kita tetapkan, telat ke kampus atau tempat kerja, kerjaan ga kelar, lupa ngerjain tugas dan sebagainya, yang mungkin diakibatkan dari diri kita sendiri yang tidak menghargai waktu. Dalam ajaran agama islam pun kita di ajarkan untuk menghargai waktu. Rasulullah SAW mengajarkan agar setiap Muslim menghargai waktu, utamanya waktu ’sekarang’, karena waktu yang selalu tersedia bagi kesempatan itu ialah ’sekarang’. ‘Sekarang’ adalah kesempatan yang terbaik.

”Apabila engkau berada pada petang hari, janganlah mengulur-ulur urusanmu sampai besok, dan apabila engkau berada di pagi hari, jangan menunda urusanmu sampai petang. Ambillah kesempatan waktu sehatmu sebelum datang sakit, dan kesempatan hidupmu sebelum matimu.” (HR Bukhari).

Dari sabda Rasulullah SAW di atas, kita dapat memahami bahwa mengulur-ulur waktu, menunda pekerjaan, dan menyia-nyiakan kesempatan sangatlah bertentangan dengan ajaran Islam. Kebiasaan mengulur waktu dan menunda kerja yang dilarang Rasulullah SAW itu jika diteruskan akan membuat umat Islam tertinggal dan lemah.  Karena barang siapa yang berleha-leha dan bermalas-malasan, maka dia akan ‘tergilas’.

Dalam kesempatan lain, Rasulullah SAW mengumpamakan waktu seperti sebilah pedang. Pedang merupakan sesuatu yang berguna sekaligus berbahaya. Apabila kita tidak bisa menggunakannya, maka dia yang akan memotong kita. Sejenak saja kita terlena dengan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berarti di dalamnya, berarti kita tidak telah menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan-Nya untuk kita. Olehkarena itu kita harus bisa mengoptimalkan waktu kita dengan sebaik-baiknya. Untuk membuat diri kita lebih menghargai waktu adalah dengan cara mengatur waktu yang kita punya dalam sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun dan tahun berikutnya untuk menjadikan hidup kita memiliki tujuan yang pasti. Dan saya juga mendapatkan beberapa tips dalam mengatur waktu antara lain :

  1. Awali mengatur waktu Anda dengan membuat agenda hal yang harus dilakukan setiap hari. Buatlah catatan kecil di malam hari yang berisikan jadwal kegiatan kita keesokannya. Setelah terorganisir dengan baik jangan lupa taruh catatan tersebut pada tempat-tempat yang kemungkinan besar mudah terlihat. Seperti di tempelkan pada lemari baju ataupun di pintu kamar mandi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah Anda membaca jadwal itu lagi keesokan harinya.
  2. Ada bagusnya Anda memiliki sebuah organizer yang bisa mengatur jadwal dan menandainya dengan bunyi alarm. Tulis setiap janji-janji Anda di catatan dengan warna yang mencolok dan simpan di tempat yang mudah terlihat. Saat Anda membuat jadwal, jangan lupa periksa ulang janji Anda. Jangan sampai ada yang terlewat atau bentrok dengan kegiatan lain.
  3. Jadwal yang kita buat haruslah dipatuhi. Jangan sekali-kali kita mengacuhkan jadwal itu ataupun menggantinya. Namun jika ada kegiatan yang sangat penting, maka Anda boleh tiba-tiba mencantumkannya untuk mengganti kegiatan yang kurang penting dan masih bisa ditunda
  4. Jangan suka menunda pekerjaan penting, karena kita akan kehilangan waktu untuk mengerjakan yang lain. Pekerjaan yang Anda tumpuk selama beberapa hari tidak akan mempermudah Anda untuk sekaligus mengerjakannya. Namun konsentrasi Anda akan buyar dengan banyaknya hal yang harus diselesaikan.
  5. Sebelum Anda membuat jadwal untuk besok pagi, koreksi pelanggaran yang telah dilakukan hari ini. Buat evaluasi apa penyebabnya Anda melakukan pelanggaran dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini juga harus diselesaikan untuk mencegah kesalah serupa terjadi lagi pada Anda. Cobalah berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jadwalkan semua kegiatan Anda dengan lebih realistis.
  6. Fokus dan Kosentrasi pada setiap kegiatan. Fokus dan kosentrasi pada saat bekerja bisa mengoptimalkan kinerja  dalam bekerja sehingga dapat menyelesaikan perkerjaan tepat pada waktunya bahkan bisa lebih cepat. Fokus dan kosentrasi pada saat belajar bisa mengoptimalkan kita dalam menangkap materi atau pelajaran yang di berikan.
  7. Membuat target yang harus dicapai. Misal. Lulus dengan Ip 4 atau menjadi karyawan teladan. ini dimaksudkan agar kita lebih bersemangat dan dapat mengoptimalkan diri kita untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya agar tujuan kita tercapai.

Dengan artikel ini semoga saya ataupun para pembaca juga dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Oh yah satu lagi jangan lupa atur waktu untuk refreshing dan juga istirahat, karena sehat itu mesti dijaga, apabila kita sakit ataupun jenuh dapat menghambat atau merusak jadwal yang yang sudah di buat.

Sumber  :


Dalam kesempatan lain, Rasulullah SAW mengumpamakan waktu seperti sebilah pedang. Pedang merupakan sesuatu yang berguna sekaligus berbahaya. Apabila kita tidak bisa menggunakannya, maka dia yang akan memotong kita. Sejenak saja kita terlena dengan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berarti di dalamnya, berarti kita tidak menghargai umur yang dikaruniakan oleh Allah SWT.

3 thoughts on “Hargailah waktu yang telah kita miliki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s